Menu
Paket Terpasang
Beranda » Uncategorized » Tips Memilih Bahan Atap Baja Ringan Murah

Tips Memilih Bahan Atap Baja Ringan Murah

Dipublish pada 18 June 2022 | Dilihat sebanyak 32 kali | Kategori: Uncategorized

Atap Baja Ringan Murah  | Baja ringan merupakan salah satu material yang digunakan dalam konstruksi suatu bangunan seperti rumah, gedung, dll. Salah satu material yang menggunakan baja ringan sebagai rangka adalah atapnya. Bahan atap baja ringan terbentuk dari campuran seng dan aluminium.

Atap Baja Ringan Murah

Atap Baja Ringan Murah

Pada umumnya baja yang digunakan lebih ringan dan tipis dibandingkan baja konvensional. Jenis rangka atap ini mulai diminati banyak orang dibandingkan dengan rangka atap kayu karena walaupun ringan, atap baja ringan sangat kuat. Selain itu, penggunaan bahan bangunan juga lebih hemat. Lalu bagaimana cara memilih bahan Atap Baja Ringan Murah berkualitas?

Bagi orang awam tentu tidak mudah memilihnya karena minimnya pengetahuan teknis untuk menganalisisnya. Namun jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih rangka atap baja ringan yang berkualitas. Simak tips berikut ini:

Kualitas Dan Kualitas Baja Ringan

Ketebalan baja ringan itu sendiri sangat tipis. Di Indonesia, sirkulasinya berkisar antara 0,4 hingga 1 mm. Oleh karena itu, baja yang harus digunakan adalah baja berkualitas tinggi atau yang biasa disebut dengan High Tension Steel, standarnya adalah G550 yang berarti Yield Strength dan Tension Strength dari baja tersebut minimal 550 Mpa.

Harga Atap Baja Ringan

Harga pemasangan atap baja ringan tergantung pada spesifikasi material, bentuk atap, dan penutup atap yang digunakan. Atap memiliki berbagai macam jenis seperti genteng keramik, genteng beton, dll. Masing-masing jenis memiliki bobot yang berbeda-beda, sehingga akan mempengaruhi perhitungan atap baja ringan itu sendiri.

Lapisan Anti Karat

Jenis pelapis anti karat yang paling umum digunakan di Indonesia adalah pelapis Z (Zinc) yang sering disebut Galvanis dan AZ (Aluminium dan Seng). Setiap lapisan memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut standar, ketebalan lapisan Aluminium Zinc minimal 150 gram/m2, sedangkan untuk lapisan Zinc (Galvanized) minimal 180 gram/m2.

Perhitungan Desain Menggunakan Software Desain Struktur

Bagi Anda yang masih awam dengan perhitungan desain, tentunya sulit untuk memahami perhitungan desain struktur. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan perangkat lunak desain struktur khusus untuk memperhitungkan semua aspek struktur dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak dapat mengandalkan perkiraan atau hanya berdasarkan kebiasaan.

Proses Instalasi Atau Perakitan

Anda merakit kuda-kuda di bengkel (prefabrikasi) menggunakan mesin JIG, dimana merakit menggunakan mesin di bengkel memiliki kelebihan yaitu kualitas kuda-kuda rapi dan akurat serta pemasangan sambungan Self Drilling Screw dijamin terkendali. Selain itu yang tidak kalah penting, Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangan dari atap baja ringan berikut ini:

  • Relatif lebih mahal
  • Mengurangi nilai estetika bangunan
  • Mudah dibawa angin
  • Rentan runtuh jika perhitungannya tidak benar

Keunggulan Atap Baja Ringan

1. Mudah Untuk Menginstal

Atap Baja Ringan Murah  | Keunggulan pertama dari atap baja ringan adalah memiliki struktur yang mudah dipasang walaupun hanya berdiri sendiri. Jadi, Anda bisa menghemat biaya perawatan reparasi. Bobotnya yang ringan memudahkan kita dalam memasang rangka atap, sehingga dapat menghemat biaya tukang dan menghemat waktu. Rangka atap baja juga memiliki sistem penyambungan yang mudah.

2. Bahannya Ringan

Sesuai dengan namanya, atap baja ringan ini hanya memiliki berat kurang lebih 9kg/m². Rangka atap ringan baja memiliki sistem penyambungan yang mudah dan dapat disambung dengan baut besi, meja dan paku keling.

3. Kuat dan Tahan Lama

Meski memiliki material yang ringan, atap baja ringan tetap memiliki jenis material yang kuat bahkan tahan lama. Atap ini bisa tahan lama, anti rayap dan tahan cuaca. Atap baja ringan juga dapat menahan berbagai cuaca ekstrim dan anti karat sehingga menjadi bahan yang tahan lama. Selain itu, atap baja ringan memiliki tegangan tarik yang tinggi sehingga lebih fleksibel dibandingkan jenis atap lainnya.

Atap baja ringan memiliki tegangan tarik hingga 550 Mpa, lebih besar dari atap baja konvensional lainnya. Kualitas material telah ditingkatkan sehingga tahan lebih lama dari atap kayu yang mudah keropos dan atap baja konvensional yang mudah berkarat.

4. Dapat Didaur Ulang

Atap Baja Ringan Murah  | Sisa atap baja ringan yang telah digunakan kembali untuk membangun konstruksi rumah. Bahan atap baja ringan ini bisa Anda bongkar dengan cara dilebur untuk dijadikan pondasi rumah. Sisa atap baja ringan bekas dapat digunakan kembali untuk bagian lain dari konstruksi rumah Anda karena kuat dan tahan lama.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang tips memilih bahan Atap Baja Ringan Murah , semoga bermanfaat.

Bagikan

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Harga Rangka Baja Ringan Per Meter

Harga Rangka Baja Ringan Per Meter

Dipublish pada 16 June 2022 | Dilihat sebanyak 22 kali | Kategori: Uncategorized

Harga Rangka Baja Ringan Per Meter Infonya haga rangka baja ringan per meter, harga rangka atap baja ringan per m2 2020, harga rangka atap baja ringan per m2 2021, harga rangka atap baja ringan per m2. Baja ringan kualitas baik... selengkapnya

Jasa pemasangan baja ringan di jogja

Jasa pemasangan baja ringan di jogja

Dipublish pada 13 June 2022 | Dilihat sebanyak 28 kali | Kategori: Uncategorized

Jasa pemasang baja ringan di jogja – Baja ringan termasuk dalam kategori truss atau rangka batang. Dimana truss ini merupakan salah satu struktur gabungan atau rangkaian. Jadi baja ringan merupakan struktur atau rangkaian dari baja yang memiliki kekuatan yang sangat besar.... selengkapnya

bedanya Galvalum(Zincalume) dengan Galvanis

bedanya Galvalum(Zincalume) dengan Galvanis

Dipublish pada 13 June 2022 | Dilihat sebanyak 35 kali | Kategori: Uncategorized

Bahan G alvalume dan Galvanize digunakan untuk membedakan jenis lapisan finishing atau coating pada bahan rangka besi hollow dan bahan rangka atap baja ringan . Galvalume merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur Aluminium dan Zinc atau disebut Zinc-Alume. Untuk... selengkapnya